Pages

Sunday, August 8, 2010

MacBook Pro



MacBook Pro adalah seri komputer jinjing Macintosh yang diproduksi oleh Apple. MacBook Pro diperkenalkan pada Januari 2006, menggantikan PowerBook G4 dan juga merupakan model kedua yang diluncurkan setelah iMac. MacBook Pro dijajarkan sebagai yang teknologi paling mutakhir dalam seri MacBook.

MacBook Pro menggunakan alumunium sebagai bahan utamanya dan terbagi menjadi tiga ukuran, yaitu MacBook Pro ukuran 13, 3”, 15, 4”, dan 17” dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Desain

MacBook Pro terbaru didesain mengikuti iMac dan MacBook Air dengan perubahan-perubahan, seperti bentuk yang lebih tipis dari pendahulunya meskipun lebih lebar karena tampilan layar yang juga lebih lebar. Multi-Touch trackpad diperlebar demi kenyamanan penggunanya. Seluruh bagian trackpad dapat digunakan untuk mengendalikan kursor, sedangkan dua per tiga bagian bawahnya berguna sebagai tombol untuk mengklik. Tombol-tombol pada papan ketik atau kibor masih dilengkapi dengan lampu sebagai penerang sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengetik dalam gelap. Perbedaan papan ketik atau kibor yang baru bila dibandingkan dengan MacBook Pro yang diproduksi sebelumnya adalah tombolnya yang kini berwarna hitam dengan format standar Apple.
Baterai

Baterai MacBook Pro tidak sama dengan baterai komputer jinjing pada umumnya. Baterai MacBook Pro dibentuk sedemikian rupa agar tidak meninggalkan ruang kosong pada badan MacBook Pro. Selain itu, baterai yang mampu bertahan hingga delapan jam ini tidak dapat dibongkar-pasang seperti baterai komputer jinjing kebanyakan. Pembongkaran atau pelepasan baterai dapat mengurangi atau bahkan menghapus garansi yang berlaku.

Semua MacBook Pro yang baru diproduksi kini memiliki teknologi tersebut. Perbedaannya, baterai Macbook Pro 13” dan 15” mampu bertahan hingga tujuh jam sedangkan MacBook Pro 17” memiliki ketahanan baterai selama delapan jam. Beberapa sumber juga melaporkan bahwa MacBook Pro 13” dan 15” memiliki baterai dengan daya tahan delapan jam bila penggunaannya tidak diforsir. Usia baterai juga dapat bertahan lama, hingga lima tahun, bila pengisian ulang listrik atau charging dilakukan dengan benar.

No comments:

Post a Comment